Jumat, 14 November 2014

Negara Demokrasi Modern


Menurut pendapat yang umum penjenisan terhadap negara-negara demokrasi modern ini berdasarkan sifat atau hubungan antara badan legislatif dengan badan eksekutif.
Seorang sarjana perancis yang bernama Montesquieu. Mengemukakan adanya dua sifat daripada manusia yang berhubungan dengan kekuasaan, yaitu:
1.Bahwa orang itu  senang akan kekuasan,apabila kekuasaan itu dipergunakan atas diperuntukkan bagi kepentingan dirinya sendiri.
2.Bahwa sekali orang itu memiliki kekuasaan, ia senantiasa ingin meluaskan serta memperbesar kekuasaan tertentu.
Di dalam teorinya ajaran ini ia membedakan adanya tiga jenis kekuasaan negara, yaitu: 
  •   Kekutaan yang bersifat mengatur atau menentukan peraturan
  • .Kekutaan yang bersifat melaksanakan peraturan tersebut
  •  Kekutaan yang bersifat mengawasi pelaksanaan peraturan tersebut
Ketiga jenis kekuasaan ini harus didistribusikan kepada beberapa organ, dengan maksud satu organ hanya memegang satu kekuasaan saja, yaitu
  •  Kekuasaan perundang-undangan diserahkan kepada badan legislatif
  •  Kekuasaan pelaksanaan diserahkan kepada badan eksekutif 
  •  Kekuasaan pengawasan diserahkan kepada badan yudikatif
Di dapatkan adanya tiga macam sistem pemerintahan, yaitu:
  •           Presidensil
  •       Parlementer
  •       Badan pekerja atau referendum
Sistem-sistem tersebut kalau dikaitkan dengan demokrasi modern, maka akan mendapatkan tipe sebagai, berikut:
1. Demokrasi atau pemerintahan perwakilan rakyat yang presentatif, dengan sistem pemisahan  kekuasaan secara tegas atau sistem presidensil.
2. Demokrasi atau pemerintahan perwakilan rakyat yang representative, dengan sistem pemisahan kekuasaan tetapi di antara badan-badan yang diserhi kekuasaan itu, terutama antara badan legislative dengan badan eksekutif, ada hubungan yang bersifat timbal balik, dapat saling mempengaruhi sistem parlementer
   3. Demokrasi atau pemerintahan perwakilan rakyat yang representative, dengan sistem pemisahan kekuasaan dan dengan control secara langsung dari rakyat, yang disebut sistem referendum atau sistem badan pekerja.

1)      Tipe-tipe demokrasi modern
a.       Demokrasi atau pemerintahan perwakilan rakyat yang representative, dengan sistem pemisahan kekuasaan secara tegas atau sistem presidensil. Sebagai contohnya ialah amerika serikat.
b.       Demokrasi atau pemerintahan perwakilan rakyat yang representative, dengan sistem pemisahan kekuasaan, tetapi di antara badan-badan yang diserahi kekuasaan itu terutma badan legislative dan eksekutif . yang bersifat timbale balik, dapat saling mempengaruhi atau sistem parlementer
c.       Demokrasi atau pemerintahan perwakilan rakyat yang representative, dengan sistem pemisahan kekuasaan, dengan stelsel referendum atau control secara langsung oleh rakyat
Ada dua macam referendum yaitu:
a.       Referendum obligatoir atau referendum yang wajib
b.       Referendum fakultatif atau referendum yang tidak wajib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar